MAKALAH PERUBAHAN BUDAYA DI MASYARAKAT


Assalamu'alaikum Wr.Wb. 

Bertemu lagi dengan Saya Muslim pada kesempatan kali ini saya akan berbagi makalah perubahan budaya di masyarakat, budaya tidak bisa lepas dari masyarakat indonesia tapi dengan perkembangan zaman budaya sedikit-demi sedikit mengalami perubahan karena pengaruh zaman. Berikut contoh makalah perubahan budaya di masyarakat. 



MAKALAH
 PERUBAHAN BUDAYA DI MASYARAKAT











Disusun oleh:
Nama : DEDEH FITIANI
Kelas : X TKJ 3



SMKN 2PANDEGLANG
TAHUN PELAJARAN 2019-2020


KATA PENGANTAR

            Segala puji bagi allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini guna memenuhi tugas seni budaya dengan judul:“perubahan budaya di masyarakat”
            Saya menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak sehingga makalah ini dapat di selesaikan.
            Saya menyadari banyak kesalahan dalam bahasa dan penyusunan nya,oleh karena itu sya membutuhkan kritik dan saran bagi yang mengoreksi tugas ini.
           Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan bagi pengoreksi yang lebih luas kepada pembaca  walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan pemyusun untuk kritikan dan sarannya terimakasih.


Cikulur,23 April 2020



Dedeh fitiani

                                                              








DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR.........................................................................................    i
DAFTAR ISI.....................................................................................................    ii
BAB 1 PENDAHULUAN...................................................................................    1
1.1  Latar belakang.........................................................................................    1
1.2  Rumusan masalah...................................................................................    1
1.3  Tujuan pembahasan................................................................................    1
BAB 11 PERUBAHAN BUDAYA YANG TERJADI SAAT INI.....................................     2
BAB 111 KESIMPULAN......................................................................................     3
BAB 1V SARAN.................................................................................................     4
BAB V .............................................................................................................     5
DAFTAR PUSTAKA





















BAB 1
PENDAHULUAN
Dampak pandemik covid-19 tengah di resahkan oleh dunia termasuk indonesia.
Banyaknya perubahan yang di resahkan oleh masyarakat baik sosial maupun budaya.
Sehingga menyebabkan kegiatan sekolah dan perkuliahan di alihkan secara daring dari rumah,banyak pekerja kalangan menengah bahwa kehilangan pekerjaan ,aparatur bekerja di rumah,pemerintah harus mengeluarkan  kebijakan penanganan,pengaturan jarak antar orang,senantiasa selalu menjaga kebersihan dengan selalu mencuci tangan dan menggunakan handsanitizer,selalu menggunakkan masker saat keluar rumah atau bepergian.Hal itu bertujuan agar penghambat pertumbuhan atau penyebaran virus tersebut.
1.1   Latar Belakang
Corona pirus di temukan pertama kali  menimpa warga wuhan,china ahir tahun lalu,kemudian di tetapkan organisasi kesehatan dunia (WHO)Dengan sebutan covid-19 menerpa dunia hingga tataran pandemi.
Sehingga pemerintah mewajibkan untuk tetap di rumah hingga waktu yang belum ditentukan ,bila keperluan tidak terlalu mendesak selalu memakai masker saat bepergian.
1.2   Rumusan Masalah
1.       Perubahan budaya yang terjadi saat ini
2.       Bahayanya wabah virus covid-19
1.3   Tujuan Pembahasan
*untuk menyelesaikan tugas seni budaya.
*menambah pengetahuan dan wawasan tentang perubahan kondisi budaya saat ini.
















BAB 11
PERUBAHAN BUDAYA YANG TERJADI SAAT INI
Maraknya perubahan virus covid-19 telah menyebabjan terjadinya perubahan budaya di masyarakat yang salah satunya di dukung  dengan teknologi komunikasi .masyarakan di tuntut bisa dan terbiasa.perubahan terjadi dari cara berkomunikasi ,cara berpikir, dan cara berperilaku manusia.
Sebenarnya perubahan sosial budaya ini lantaran pandemi virus corona atau covid-19 ini sejalan dengan perkembangan teknologi komunikasi  melalui digitalisasi yang tanpa kita sadari sudah merealisasikan nya.
Sosial distancing atau menjaga jarak tidak membuat kita”mati gaya”.hanya belum sepenuhnya terbiasa dalam kesaharian hidup  pada pengalihan ruang pisik ke ruang virtual.komunikasi digital sangat dekat di sekitar kita sebenarnya berkontribusi besar.
Saat belum terjadi wabah pandemik covid-19,kita sering kali disibukkan dengan aktivitas  melalui sosial dimana komunikasi  tidah harus kontak fisik atau tatap muka.Artinya masyarakat tetap bisa melakukan teknologi komunikasi ,terutama media sosisl.
Kala itu sempat menjadi kehawatiran ,terutama untuk generasi penerus,dalam lututnya keakraban secara lansung karena masing-masing seperti  memiliki dunia sendiri.namun sekarang seolah melempar kesalahan pada kebijakan pemerintah dengan adanya pembatasan jarak sosial mengacu intruksi organisasi kesehatan dunia(WHO),Hmbawan sosial distancing di terapkan untuk memerangi  penyebaran virus corona atau covid-19.
Pengurangan interaksi sosial melalui social distancing guna mencegah penyebaran  virus corona yang lebih meluas ini dengan cara masyarakat di minta untuk berdian di rumah dengan melakukan belajar di rumah  bagi pelajar,bekerja di rumah(Work from home/WFH).
Di indonesia ketika terkena kasus positif virus SARS COV-19 dari hari ke hari jumlahnya bertambah,imbauan untuk trtap tinggal di rumah dan menghindari  pertemuan-pertemuan yang melibatkan banyak orang terus di gunakan .beberapa gereja di jakarta meniadakan pribadahan yang biasanya di gelar setiap ahad.sebagai gantinya,mereka meminta untuk beribadah di rumah masing-masing .
Begitipun dengan peribadahan umat islam ,beberapa masjid yang biasanya menggelar salat berjamaah juga mulai  meniadakan,walau masih ada yang menggelarnya.





BAB 111
KESIMPULAN
Corona atau covid-19 membawa dampak besar bagi dunia termasuk indonesia.
Tetap dirumah agar membantu penghambat menyebar luasnya virus tersebut.























BAB 1V
SARAN
Saran saya agar tetap di rumah jaga kesehatan jaga juga kebersihan senantiasa menggunakan masker saat ingin bepergian  atau melakukan kegiatan di luar rumah.
























BAB V
DAFTAR PUSTAKA
https//sultra.antaranews.com/berita/331446/viral-virus-covid-19-menuju-budaya- baru
https//www.indonesia.go.id/narasi/indonesia dalam –angka/ekonomi/covid-19-mewabah-intaksi-manusia-berubah
https//www.liputan6.com/news/read/4218088/opini-social-distancing-perubahan-social-lewat-komunikasi-digital-menghadapi-wabah-corona-covid-19


Demikian makalah ini semoga bermanfaat. 

Wassalamu'alaikum WR.WB. 





Comments